DPR Apresiasi Pengiriman Tenaga Medis ke Daerah

0
405

anggota-komisi-ix-dpr-ri-ayub-khan_663_382Buanainformasi.com – Pengiriman para tenaga medis ke daerah oleh Kemenkes disambut baik. Para tenaga medis tersebut akan dikirim ke daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK). Tahap pertama pengiriman sebanyak 143 tenaga medis dari berbagai latar keahlian untuk ditempatkan di 120 puskesmas di 48 kabupaten.

Anggota Komisi IX DPR RI Ayub Khan (dapil Jatim IV) mengapresiasi program pengiriman tersebut. Dia berharap agar mereka yang dikirim ke DTPK mendapat penghasilan yang layak selama bekerja.

“Ini program yang bagus. Namun, perlu dipikirkan apakah para petugas medis itu sudah mendapat imbalan yang layak atas tugasnya di daerah,” ujarnya, di Jakarta, Rabu 6 Mei2015.

Ditambahkan politisi Partai Demokrat tersebut, 120 puskesmas yang nanti akan menampung para tenaga medis baru itu, perlu pula dilengkapi sarana dan prasarananya termasuk obat-obatan. “Kita ketahui puskesmas harusnya bisa menangani 154 jenis penyakit. Dengan demikian program rujukan berjenjang akan berjalan lancar dan RSUD tidak menjadi puskesmas raksasa,” katanya.

Sebelumnya pemerintah sendiri sudah mencanangkan program Nusantara Sehat. Ada 960 tenaga medis yang rencananya akan dikirim. tahap pertama baru mengirim 143 yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, ahli gizi, tenaga farmasi, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, dan ahli laboratorium medik. Mereka dikirim selama dua tahun sesuai kontrak ke beberapa DTPK seperti Aceh, Papua, Bengkulu, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Maluku. (sumber : Viva.co.id)