Dongkrak PAD, Pemkab Pesawaran Adakan Pemutihan IMB

0
225

Pesawaran, buanainformasi.com – Kabar gembira bagi masyarakat rumah tangga di Kabupaten Pesawaran yang belum mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Hal ini karena tahun ini Pemerintah Pesawaran melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (PMPST) memberikan pemutihan IMB. Dinas PMPST Kabupaten Pesawaran Joni Arizoni mengungkapkan, Pemutihan IMB ini hanya berlaku bagi bangunan rumah tangga, tidak berlaku bagi bangunan perusahaan.

Menurutnya program pemutihan IMB sebesar 50 persen tersebut merupakan salah satu program Pemerintah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Program pemutihan IMB tersebut lanjutnya merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Namun lanjutnya, pemutihan IMB tersbut dilakukan sesuai prosedur dan ketetapan yang berlaku.

 

Pemutihan IMB tersebut tertuang dalam peraturan bupati tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 3 tahun 2012 tentang retribusi perizinan tertentu.

Pada pasal 9 ayat satu dinyatakan tarif ditentukan dan ditetapkan berdasarkan Tarif Harga Dasar Bangunan (THDB) Kabupaten Pesawaran, dengan besar retribusi IMB untuk jenis bangunan permanen dikenakan harga dasar sebesar 6 ribu 100 rupiah per meter.

“Pemutihan IMB ini hanya berlaku bagi bangunan rumah tangga, tidak berlaku bagi bangunan perusahaan,”ungkapnya (01/3).

Lebih lanjut dikatakan Joni Arizoni, Selain itu, untuk memudahkan akses masyarakat mendapatkan pelayanan administrasi seperti IMB, rencananya pada 2018 ini pihaknya melakukan upaya jemput bola dengan memberikan pelayanan mobil keliling.(*)