Distanak Lampura Menjelang Hari raya Idul Adha Siapkan Tim Dokter Hewan

0
553
IMG_20150820_110423-300x300
(Kepala distanak sofyan. Poto:dok-N-Basri)

Lampung Utara, Buanainformasi.com-Meski hari raya idul adha atau yang juga dikenal dengan istilah hari raya qurban masih kurang lebih satu bulan lagi. Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Lampung Utara (Lampura) sudah bersiap-siap untuk membentuk tim yang terdiri dari dokter hewan dan tenaga medis lainnya untuk memantau dan memeriksa kondisi hewan apakah layak dijadikan hewan qurban atau tidak. Demikian diungkapkan Kadis Pertanian dan Peternakan Lampura,  Sofyan,  saat ditemui awak Media Cetak dan Online diruang kerjanya, Kemari (21/8/2015)

Dikatakannya,  bahwa tim tersebut mulai bekerja pada H-7 nanti.  Dimana tim itu akan memeriksa kondisi kesehatan hewan qurban, apakah terindikasi penyakit yang membahayakan manusia atau tidak. Pemantauan dan pemeriksaan hewan qurban tersebut akan dilakukan di tempat – tempat penjualan hewan qurban. “seminggu sebelum lebaran nanti tim sudah mulai bekerja. Jadi hewan yang akan dijadikan qurban harus benar – benar bebas dari penyakit yang membahayakan manusia ketika dikonsumsi”, jelasnya.

Mengenai stock daging sapi di Lampura hingga akhir tahun ini. Menurut Sofyan,  kondisi stock  daging di Lampura InsyaAllah aman. “hingga akhir tahun stock daging di Lampura aman. Jadi Jangan kuatir, gak bakalan ada demo pedagang daging sapi seperti daerah lain” , serunya sambil tersenyum.

Prihal daging ayam. Sofyan mengatakan,  bahwa khusus ayam juga masih dalam keadaan normal dan aman. Kalaupun terjadi kenaikan harga, itu masih dalam batas kewajaran. Tetapi,  lanjut Sofyan,  dirinya juga akan mengintruksikan petugas untuk senantiasa memantau keadaan stock daging baik sapi maupun ayam,  tutup Sofyan.(Sumber, sumajaku.com)