Disnakertrans Lampung Gelar Program Magang Dalam Negeri Berbasis Pengguna

0
383

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Guna lebih meningkatkan daya saing dalam bidang ketenagakerjaan baik dalam aspek lokal, nasional, hingga mancanegara. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lampung, menggelar magang dalam negeri berbasis pengguna.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2013, tentang Ketenagakerjaan, bahwa pelatihan kerja bukanlah sekedar aktivitas pelatihan saja. Akan tetapi pelatihan kerja adalah suatu aktivitas produksi kompetensi kerja yang terencana dan terarah serta dilaksanakan secara terarah dan sistematis. Baik dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar kerja maupun dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja dan juga meningkatkan kesejahteraan.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Lampung, Hery Suliyanto mengatakan dengan adanya program penanganan sesuai dengan jurusan masing-masing, maka diharapkan para tenaga kerja betul-betul sudah sangat siap ditempatkan diberbagai perusahaan.

 

“Dalam hal ini kita (Pemprov Lampung) kan bermitra dengan perusahaan. Bila tidak, nanti kita tidak tahu apa yang diperlukan serta diberikan kepada perusahaan. Dengan adanya pelatihan dan pemagangan, kita titipkan kepada mereka, tapi rata-rata diatas 70 persen, kalau bagus bisa menjadi pegawai tetap. Tapi ini juga disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya, Selasa, (27/3).

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Provinsi Lampung, Sumiarti Somad, peserta magang ini berjumlah 260 peserta. Dari 260 para siswa magang ini, akan disebar ke masing-masing perusahaan sebanyak 10 orang, selama 5 bulan. Program magang yang dilakukan hari ini guna melihat kemampuan masing-masing calon tenaga kerja.

“Kami berharap, dari keseluruhan peserta magang tahun ini bisa lebih tinggi dari tahun 2017 yang mencapai serapan peserta magang 65%. ini kan mengurangi angka pengangguran juga tentunya, dan honornya pun dari kita. Apalagi kalau sudah jadi pegawai tetap, tentu jumlah honor yang diterima bisa lebih tinggi,” jelasnya.(*)