Disdukcapil Pesawaran Gelar Sayembara Penangkapan Pungli dan Calo

0
169

Pesawaran, BITV – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran terus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan mengurus data kependudukan, termasuk menciptakan pemerintahan yang bersih dari berbagai praktek KKN.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesawaran Ketut Partayasa mengatakan, untuk mendukung dan menciptakan pemerintahan yang bersih, pihaknya telah memberlakukan sayembara terbuka tangkap calo dan pelaku pungli.

Dalam sayembara tersebut Disdukcapil Pesawaran menawarkan uang tunai sejumlah 1 juta rupiah kepada siapapun yang berhasil menangkap pelaku calo dan pungli di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesawaran.

Bahkan menurut Ketut Partayasa, program tangkap calo dan pungli data kependudukan tersebut, telah mendapat apresiasi dari Dirjend Kependudukan, dan menjadi salah satu percontohan di Indonesia.

“Saya akan berikan imbalan 1 juta rupiah kepada siapa saja yang dapat menangkap pelaku pungli dan calo, yang memeras masyarakat ketika akan mengurus data kependudukan,”tegasnya (24/01/2019).

Lebih lanjut Ketut Partayasa mengatakan, pihaknya tidak akan segan memberikan sanksi sangat tegas kepada para oknum pegawai yang kedapatan melakukan prfaktek pungli kepada masyarakat yang akan melakukan pengurusan data kependudukan.

Namun disisi lain Ketut mengungkapkan, meski sayembara tangkap calo dan pungli data kependudukan tersebut telah dicanangkan sejak lama, namun hingga saat ini belum ada satupun laporan yang masuk ke pihaknya. (*)