Dinsos Sambangi Kediaman Penyandang Disabilitas dan Orgil

0
334

Lampung Timur, buanainformasi.com – Orang Gila (Orgil) Dan Penyandang Disabilitas di Kecamatan Labuhan Maringgai dapat perhatian pemerintah daerah. Perhatian tersebut, diwujudkan melalui Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten dengan cara mengunjungi kediaman mereka satu persatu.

Rombongan disambut oleh Camat Labuhan Maringgai Ismail, didampingi Sekretaris Camat Indrawati dan Kasi Perekonomian dan Kesejahteraan AgustinusTri Handoko, di Kantor Kecamatan Labuhan Maringgai, Selasa, (3/4).

 

Didalam kunjungan tersebut, selain mendata dan mempersiapkan rencana tindak lanjut penanganan Orgil, sekaligus juga memberikan pelatihan kepada para penyandang tuna netra berupa pelatihan keterampilan memijat.

“Pelatihan ini kami tujukan untuk memberikan keterampilan memijat kepada warga berkebutuhan khusus, yang khususnya bagi penyandang tuna netra,” ujar Ratna selaku Kepala Bidang Dinsos Lampung Timur di Labuhan Maringgai.

Usai berdialog dan bertatap muka bersama jajaran Uspika Kecamatan Labuhan Maringgai, rombongan melanjutkan rangkaian acaranya dengan meninjau langsung ke sejumlah tempat penyandang gangguan jiwa di Desa Labuhan Maringgai.

“Dalam penanganan orang gangguan jiwa yang dilakukan oleh kami dari Dinas Sosial, adalah melakukan rehabilitasi dan memberikan bantuan akan apa yang dibutuhkan oleh penyandang gangguan jiwa” terang Ratna lagi.

Sementara itu, Camat Labuhan Maringgai, Ismail menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Lampung Timur yang telah memperhatikan warganya.

“Ini merupakan bukti nyata kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Kami sangat terbantu dengan kegiatan ini. Kami mengucapkan terima kasih” ujar Camat Ismail.

Pada kesempatan itu, selain memberikan pelatihan memijat, Dinas Sosial juga mendata jumlah Orgil sekaligus merencanakan rehabilitasi. Sebanyak empat Orgil hari itu direncanakan dikirim ke Yayasan Aulia Rahma dan Rumah Sakit Jiwa di Bandar Lampung.(*)