Dinas PU Bandar Lampung Akan Bangun 25 Sumur Bor Tahun Ini

0
378

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandar Lampung akan bangun 25 sumur bor pada tahun 2018. Diketahui, hal itu dilakukan guna mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat di Kota Tapis Berseri.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA), Dinas PU Bandar Lampung, Dedy Sutiyoso mengatakan, bahwa sejauh ini baru 2 sumur bor yang berhasil dibangun.

“Dari 25 sumur bor yang direncanakan untuk dibangun, baru dua sumur yang sudah terealisasi,” ujar dia kemarin, Rabu (14/3).

Dia menjelaskan, 2 sumur yang berhasil direalisasikan berdiri di atas tanah wakaf milik warga Kecamatan Panjang dan Teluk Betung Timur.

“Iya namanya sumur umum, kami hanya mengakomodir pembangunan dan pengeboran saja. Kalau untuk lahan, kami menggunakan tanah wakaf,” kata dia.

Ia juga mengatakan, penempatan rencana pembangunan sumur bor tersebut diperuntukkan bagi wilayah yang hingga saat ini masih sulit mendapatkan air, dan belum terjangkau saluran pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau.

 

Dedy memaparkan, untuk wilayah yang sulit mendapatkan air bersih yakni Kecamatan Panjang, Sukabumi dan Kedaton.

Disinggung terkait anggaran pengadaan sumur bor, Dinas PU menganggarkan uang sebesar Rp200 Juta.

“Kalau tidak salah sih Rp200 juta, untuk pengadaan sumur bor dan anggaran akan turun ketika pengadaan telah rampung,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Bandar Lampung, Wahyu Lesmono mengapresiasi upaya Dinas PU dalam upaya penanganan kekurangan air tersebut.

“Kami senang, karena program pengadaan sumur bor sudah mulai berjalan. Mudah-mudahan masyarakat bisa menikmatinya,” kata dia.

Diketahui, anggaran untuk pengadaan sumur bor telah tercantum didalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 Kota Bandar Lampung.(*)