Dinas Perikanan Lampura Ini Kerja Gak Sih?

0
652

Lampung Utara,buanainformasi.com- Kinerja Satuan Kerja (Satker) Pemerintahan Dinas Perikanan, Lampung Utara (Lampura) patut dipertanyakan.

Pasalnya, hingga saat ini Satker tersebut tidak memiliki data keseluruhan para petani/peternak ikan yang terdapat diwilayah setempat.

Kabid Pengawasan Sumber Daya Perikanan (SDP), Dinas Perikanan, Lampura, Iswany Hendri mengatakan, pendataan jumlah petani yang terdapat diwilayahnya belum pernah dilakukan oleh pihaknya. Hal itu dikarenakan tidak tersedianya anggaran untuk program pendataan itu. “Kita tidak memiliki data real tentang jumlah petani ikan yang ada di Lampura,” kata dia, Selasa (15/9/15).

Diterangkannya, pendataan tentang sensus petani ikan yang ada tersebut sebenarnya telah diintruksikan oleh Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara. Namun demikian, rencana pendataan itu belum dirancang oleh pihaknya. “Kembali lagi ke anggaran, karena memang tidak ada dana khusus untuk program pendataan itu,” terangya.

Saat ini, lanjut dia, ada sekitar 70 petani ikan telah terdata di Dinas Perikanan. Data tersebut, berdasarkan keterangan dari salah satu petani ikan yang terdapat di bendungan Way Rarem, kecamatan Abung Pekuru, Lampura.

Adapun rinciannya, enam kerambak berukuran 16X16, delapan kerambak berukuran 14X14, 40 kerambak berukuran 12X12, dan 500 kerambak berukuran 6X12 dengan jumlah keseluruhan 554 kerambak. “Data itu kita dapat dari petani yang ada di Way Rarem dan itu hanya perkiraan saja,” ungkapnya.

Namun demikian, tambah Iswany, pada awal Agustus 2015 lalu pihaknya telah mengedarkan surat himbauan kepada sejumlah petani ikan. Surat edaran tersebut berkaitan dengan dampak buruk dari landaan musim kemarau yang telah terjadi beberapa bulan belakangan. “Kita sudah edarkan surat himbauan kepada para petani ikan,”tambahnya.

Dalam himbauan itu, terang dia lebih dalam, para petani disarankan untuk mengantisipasi terhadap munculnya dampak buruk buruk dari menurunya produktifitas perikanan yang umum terjadi saat musim kemarau. (K/Basri)