Dinas Perikanan Lambar Gelar Pelatihan Produk

0
669
Dinas Perikanan Lambar Gelar Pelatihan Produk
Dinas Perikanan Lambar Gelar Pelatihan Produk

BUANAINFORMASI.COM- Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, melalui Dinas Perikanan, menggelar pelatihan pembuatan Nugget Ikan yang dilaksanakan di Kecamatan Lumbok Seminung Lampung Barat, pelatihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus menambah keanekaragaman olahan lauk di masyarakat.Minggu (02/10/2016)

Peningkatan produksi ikan khususnya ikan nila di kabupaten Lambar mulai menunjukan hasil. Terdapat dua Daerah yang menjadi sentra perikanan air tawar khususnya ikan nila yakni Kecamatan Lumbok Seminung dengan media pembudidayaan memanfaatkan luasnya Danau Ranau, kemudian Kecamatan Sumberjaya dengan memanfaatkan kolam dan waduk.

Melihat potensi yang ada, Pemkab Lambar meyakini bahwa produksi ikan di Lambar akan terus mengalami peningkatan, guna meminimalisasi tingginya produksi yang tidak sesuai lagi dengan kebutuhan  pasar maka Pemkab setempat melalui Dinas Perikanan mulai membangun terobosan. Salah satunya dengan membina masyarakat agar memanfaatkan ikan nila sebagai bahan baku membuat nugget (naget).

“Melihat potensi yang ada tentu ada saatnya produksi ikan nila di Lambar berlimpah, sehingga pembudidaya tidak mengalami kerugian akibat sulitnya memasarkan hasil panen, maka pemkab memberikan sosialisasi sekaligus pembinaan agar bisa membuat terobosan dengan membuat nuget dengan bahan baku ikan nila,” kata Kabid Produksi Dinas Perikanan Relegius Hilman, S,E., mendampingi Kepala Dinas Perikanan Ir. Nata Djudin Amran.

Dijelaskannya, nugget ikan merupakan produk diversifikasi pengolahan hasil perikanan yang diadopsi dari luar Indonesia, berupa campuran daging ikan lumat dengan tepung dan bumbu-bumbu berbentuk lempeng atau empat persegi panjang dan dilapisi tepung roti atu panir.

Nugget ikan bisa jadi merupakan modifikasi dari produk Chicken Nugget yang sudah dikenal lebih dahulu. “Nugget ikan merupakan salah satu produk olahan perikanan yang cukup digemari oleh masyarakat, Ini merupakan terobosan baru dalam dunia perikanan, Selain cara pembuatannya sederhana, produk ini praktis disiapkan terutama untuk anak-anak dengan berbagai bentuk yang menarik,” kata dia

Selain itu lanjut Relegius, pembuatan nugget ikan tidak memakai bahan pengawet, sehingga aman bagi anak anak, dan yang pasti sehat.

Kemudian Lanjut dia, nugget ikan atau fish nugget mempunyai kandungan kadar gizi yang tinggi yang berasal dari kandungan protein yang berasal dari ikan. Bahan ikan yang dapat digunakan adalah jenis ikan air tawar maupun ikan air laut, yang tentunya mempunyai daging yang cukup tebal dan tidak mempunyai banyak duri. Jenis ikan yang dapat digunakan adalah ikan nila, ikan patin, ikan nila dan lain-lain. “produksi ikan terbesar yang dihasilkan pembudidaya ikan di Lambar adalah ikan nila, maka kita mendorong masyarakat khususnya ibu-ibu agar memanfaatkan bahan baku yang ada,” ujarnya.(Romi Erlan)