Didampingi TNI-AD, Kolonel Budi Kusworo Tinjau Lokasi Hutan Mangrove

0
30

Lampung Selatan, Penacakrawala.com – Didampingi TNI dari Mabes angkatan darat, Kolonel Budi Kusworo tim KKP Irvan Setiawan dari kementerian Pusat, meninjau Lokasi Hutan Mangrove dan Produk turunan Mangrove, di Wilayah Kecamatan Bakauheni dan Kecamatan Ketapang Kabupaten  Lampung Selatan Jum,at (28 Januari 2022).

Dalam kegiatan Peninjauan Lokasi Hutan Mangrove dan Produk turunan Mangrove. Tim dari Kementrian  KKP serta Mabesad, bersama yang lainnya menggunakan perahu motor, mengitari pulau Kandang Balak melihat lokasi yang berpotensi untuk bisa ditanami mangrove. Lokasi yang akan disurvai berada di dua kecamatan yakni, kecamatan Bakauheni berlokasi dipulau Kandang Balak sedangkan Kecamatan Ketapang ber lokasi ditiga Desa yaitu,: Desa Sumur, Desa Ruguk serta Desa Berundung.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Irvan setiawan KKP Kementerian Pusat, Indra KKP Provinsi, Fauzan KKP Kementrian Pusat, Dwi Sujatmiko Kabid perikanan Lamsel, Joner Kasi pemberdayaan nelayan, Tri Sunarto Kasi Pemberdayaan nelayan, Kapten INF M.nurdin Danramil 0421-03/PNH, Pirma Camat Bakauheni, Sukirno Kades Bakauheni, serta Koptu Windu Babinsa Ddesa Bakauheni.

Dalam penyampaiannya Irvan Setiawan mengatakan, Hutan mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita diantarnya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai. Sebagaimana fungsi tumbuhan yang lain, mangrove juga memiliki fungsi sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) dan penghasil oksigen (O2).

” Bukan hanya itu hutan mangrove memiliki peran sebagai tempat hidup berbagai macam biota laut seperti ikan-ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan. Selain binatang laut, bagi hutan mangrove yang ruang lingkupnya cukup besar sering terdapat jenis binatang darat di dalamnya seperti  burung. Bukan hanya pohon nya saja bermenpaat tapi  buah mangrove bisa di olah menjadi kopi dari jenis Rhizophora sp dan Sonneratia Caseolaris.” Ungkapnya.

(Jupri)