Di Terjang Banjir Petani Ikan Gigit Jari

0
717

Lampung Tengah, Buanainformasi.com-Peternak Ikan karang taruna Putra Unyi Dusun I Kampung Buyut Udik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah(Lamteng), harus gigit jari meratapi kolam ikan dan dipastikan gagal panen. karena diterjang banjir yang tak kunjung surut, akibat meluapnya air kali seputih Kabupaten setempat(7/1). Jum’at (8/1/2016)

Pembina Peternak Ikan Karang Taruna Putra Unyi Johansyah, menuturkan, awalnya bermula dari luapan air kali seputih sejak hari rabu(6/1/2016) pagi pukul 07.00. Pihaknya sudah membikin tanggul penahan air supaya tidak membanjiri kolam ternak ikan seluas satu hektar dan sudah siap panen. Namun apa mau dikata, tanggul penahan jebol diterjang air kali seputih yang setiap harinya terus meluap.”Lima petak kolam sudah tenggelam dan tidak ada satu pun ikan tersisa, tinggal dua petak itupun mengalami kendala memanennya karna kesulitan untuk mengeringkan air dalam kolam,”tuturnya.

Akibat  musibah banjir yang melahap kolam ternak ikan, lanjut Johansyah menjelaskan, Kelompok peternak ikan karang taruna putra unyi mengalami kerugian hingga mencapai 50jutaan. Pasalnya, ketujuh petak kolam yang berisi ikan air tawar seperti Ikan Patin, Nila dan Ikan Gurameh sudah dipastikan gagal panen. “Kita berharap kepada pemerintah Daerah Lamteng dapat membantu memulihkan peternakan ikan, karna pada awalnya  kami menggunakan modal pribadi untuk membentuk peternakan ikan yang dikelolah karang taruna putra unyi,”pungkasnya. (Hengki)

Dikirim oleh Buana Informasi.com pada 8 Januari 2016