Di Hantam Hujan, Lintasan K.A Lampung-Palembang Amblas

0
1069

Lampung Tengah, Buana informasi – Jalur Kereta Api Lampung-Palembang untuk sementara waktu terpaksa dihentikan. pasalnya, rel kereta api yang terletak di KMN 67 Kampung Fajar Bulan Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah, mengalami kerusakan cukup parah akibat longsornya tanah penahan rel yang berada tepat diatas aliran sungai daerah setempat. Kamis (7/1/2016)

Petugas Stasiun Kereta Api Sulusuban Bpk. Subari, membenarkan, akibat adanya tanah longsor pada rel jalur kereta api, sehingga menunda seluruh jadwal kereta api hingga selesai perbaikan dan rel layak untuk dilintasi. “Sejak subuh kereta tidak melintasi jalur itu, karena sangat beresiko. tapi siang ini sudah kita lakukan upaya perbaiki,”ujarnya kepada wartawan.

Dilanjutkannya, Longsornya tanah penyebab amblasnya rel kereta api, diakibatkan hujan lebat disertai petir yang mengguyur kabupaten lamteng pada selasa malam(5/1/2016). hal ini, dikarnakan banyaknya debit air yang membasahi tanah, tepat berada diatas tanggul penahan rel kereta api yang melintasi aliran sungai. sehingga, rel tidak mampu menahan beban jika dipaksakan untuk dilintasi kereta dengan bobot yang cukup berat.Sementara perbaikan rel dilakukan dengan cara menyisipkan balok-balok untuk menahan bantalan rel dan menurunkan alat berat suapaya tidak terjadi longsor lagi.

“mudah-mudahan bisa dilalui untuk jalur lampung-palembang. untuk pastinya belum pasti bisa dilalui. karena kami tidak mau beresiko,” pungkasnya

Pantauan dilapangan hingga sore kemarin (6/1/2015)  petugas kreta api  masih memasang kayu balokan dengan cara di susun segi empat, dan juga mengganti besi jalur rel. Namun melihat kondisi rel saat ini, bila dilalui kereta pengangkut batu bara dengan bobot yang bertonase sangat berat kapasitasnya, masih meragukan faktor keamanan rel tersebut.(Hengki)

Dikirim oleh Buana Informasi.com pada 6 Januari 2016