Debat Kandidat Pilgub Lampung Akan Dibagi 5 Segmen

0
354

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Pergelaran acara debat kandidat Calon Gubenur -Wakil Gubenur, yang akan digelar secara perdana pada 7 April 2018 dan dibagi menjadi lima segmen.

Anggota Komisi Pemelihan Umum (KPU) Lampung Solihin menyatakan bahwa dari kelima segmen tersebut, para pasangan calon mendapat tiga segmen pertanyaan.

“Ada lima closing statmen. Dari lima segmen, ada tiga segmen punya calon yakni, 1,4,5. Sedangkan domainnya KPU, yang disampaikan melalui dewan pakar 2 dan 3,” kata Solihin, Selasa(27/3).

Untuk lokasi debat kandidat, rencananya akan dilaksanakan di Hotel Novotel. Yang dimulai pukul 20.00 WIB.

“Dari lima segmen itu durasinya sampai 90 menit sudah berikut istirahat,” kata Solihin.

Solihin juga mengatakan dalam debat kandidat yang dilaksanakan selama tiga kali. Yakni kedua 28 April dan 11 Mei 2018 debat tersebut adalah berpasangan.

“Jadi kalau tidak bisa hadir, ya, harus ada yang hadir. Jika pun tidak ada bisa ya harus ada izin. Karena ada sanksinya kalau tidak hadir tanpa alasan, yakni tidak mendapatkan iklan penayangan oleh KPU,” ujarnya.

Menanggapi itu, Levi Tuzaidi Liasion Officer pasangan Calon Gubenur Lampung, M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri, mengaku siap mengikuti tahapan debat kandidat tahap pertama yang digelar oleh KPU.

 

“Tidak ada hambatan berati bagi paslon nomor urut satu dalam mengikuti debat kandidat yang siap dilaksanakan. Begitu juga mengenai durasi menjawab debat sepertinya tidak mengangu karena secara adil KPUD Lampung menerapkan waktu yang sama terhadap calon lainnya,” katanya.

Sementara itu, hal senada disampaikan oleh Dedi Amrullah Lo pasangan Cagub Herman HN-Sutono mengaku siap mengikuti tahapan debat kandidat terlebih tema awal debat pembangunan sosial ekonomi untuk Lampung. Karena sesuai visi dan misi calon nomor urut dua dalam membangun provinsi Lampung kedepan.

Begitu juga LO, Arinal Djunaidi-Chusnia Chalim, Yuhadi mengapresiasi KPUD Lampung yang mengakomodir keinginan pasangan Cagub untuk mengelar debat kandidat di Lampung. “Apapun tema yang akan dibedah tidak menjadi masalah bagi Arinal-Nunik,” ucapnya.

Edwin Hanibal, LO pasangan Mustafa- Ahmad Jajuli, mengaku siap menghadapi debat kandidat tahap pertama ini.

“Kita juga sedang mengupayakan kehadiran Cagub Mustafa. Jika semua perijinan telah siap dan diusulkan ke KPK mudah-mudahan pada debat kandidat 7 April, secara lengkap paslon nomor 4 untuk mengikuti tahapan KPU,” pungkasnya.(*)