Danau Kelimutu Kembali Berubah Warna

0
558

monyett2780x390ENDE, Buanainformasi.com — Kepala Stasiun Vulkanologi Kabupaten Ende, Gabriel Rago kepada KompasTravel, Kamis (30/4/2015) menjelaskan, sejak Sabtu (25/4/2015) dan Minggu (26/4/2015) jam 08.18 Wita lalu hingga sekarang Danau Kelimutu di Desa Moni, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur kembali berubah warna. Kali ini kembali berubah warna di mana sebelumnya tiga tahun lalu (tahun 2013) berubah warna.

Rago menjelaskan, Danau Nuwamuri Ko’o Fai yang semula berwarna biru berubah menjadi warna putih susu. Danau Ata Polo yang semula berwarna hijau berubah menjadi warna merah. Sedangkan Danau Ata Bupuyang semula berwarna hitam berubah menjadi warna hijau. Sekarang Danau Kelimutu menjadi merah, putih dan hijau.

“Kemungkinan penyebab danau itu berubah warna karena hujan lebat selama ini yang masuk ke kawah dan menyentuh magma di dasar kawah tersebut. Akibatnya, magma mengeluarkan asap. Biasanya kalau magma disentuh air maka akan mengeluarkan asap. Saat ini di sekitar kawah tinggi asap 10-15 meter,” jelasnya.

Menurut Rago, perubahan warna ini terjadi kemungkinan akibat akvitas vulkanologi. Namun, oleh masyarakat setempat dipercayai sebagai tanda akan ada perubahan alam yang luar biasa. Perubahan warna akan memiliki tanda-tanda alam atau gejala alam untuk dunia ini. Dan itu menurut kepercayaan warga sekitarnya.

“Memang ada asap di kawah dan benar ada perubahan warna ketiga danau tersebut. Saat ini kami masih terus memantau perkembangan perubahan warna itu. Kami juga meminta warga untuk tidak mendekat ke kawah karena bau belerang yang menyengat. Saat ini masih berlangsung perubahan warna dari danau tersebut,” katanya.

Menurut kepercayaan masyarakat Lio, perubahan warna memiliki dampak atau tanda-tanda alam bagi dunia. “Hal ini terjadi seperti tahun 1992 di mana terjadi gempa bumi di Flores atau tahun 2004 dan tsunami di Aceh,” sambung Rago.

Sementara Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Nuryadi, saat dihubungi membenarkan adanya perubahan warna di danau tiga warna Kelimutu. Perubahan warna itu pertama kali pada Sabtu (25/4/2015) dan Minggu (26/4/2015), namun, saat ini masih terus dipantau oleh petugas di sekitar kawah tersebut.

Nuryadi menjelaskan, setelah berubah warna kesekian kalinya dan terakhir pada tahun 2013 lalu, pada Sabtu pekan lalu, Danau Kelimutu yang merupakan salah satu obyek wisata alam di Kabupaten Ende, Flores, NTT itu kembali berubah warna. (sumber : Kompas.com)