Dana PKH Kotabumi Ilir Terindikasi Pungli

0
446

Lampung Utara, buanainformasi.com – Pembagian Dana Program Keluarga Harapan (PKH) dari pemerintah melalui Kementrian Sosial untuk masyarakat kurang mampu di Komi Kelurahan Kotabumi ilir Kecamatan Kota Bumi Kabupaten Lampung Utara, terindikasi di jadikan ladang pungli.

Pasalnya, menurut masyarakat sekitar pendataan keluarga PKH Oleh Ketua PKH, Yang berinisial EF Di Lingkungan Komi Kelurahan Kotabumi ilir Kec. Kota Bumi, penerima bantuan Program PKH tersebut diduga dipungut biaya Rp. 100.000,. dengan dalil untuk proses pendataan dan uang Administrasi.

Masyarakat sekitar mengeluhkan pungutan biaya tersebut, bahkan warga menawar agar pungutan biaya tersebut diberi keringanan, dengan menawar sebesar Rp. 50.000,. namun Oknum mengatakan jika masyarakat tidak mau membayar uang tersebut maka bantuan PKH tersebut akan dialihkan kepada warga yang lain.
,
“ya mas memang benar kami yang menerima bantuan Program PKH di Kel,komi di pungut biaya oleh Ibuk Yang Berinisial EF dengan alasan untuk mempercepat proses dan uang Administrasi sebesar Rp. 100.000″ujarnya.

Lanjutkannya, “Saya sebagai masyarakat merasa keberatan dengan pungutan seperti itu,karna kami penerima bantuan PKH tergolong orang miskin yang tak punya uang sebesar itu, menurut pemikiran kami pendamping PKH ke lapangan sudah ada honorernya dan bagi kami kalau Rp 100.000 sangatlah mahal,andai saja Rp 20 ribu rasanya cukup dan pasti kami bisa diterima”, kata dia.

Saat di konfirmasi, EF membenarkan adanya pungutan sebesar Rp. 100.000, dirinya berdalih “dilapangan kan perlu uang bensin, pulsa dan untuk foto copy, itu juga baru 5 orang yg bayar”, ungkapnya.

Sementara itu, Alikoni Lurah Kotabumi Ilir saat di konfirmasi melalui telpon seluler dirinya pun membenarkan adanya pungutan tersebut, namun dirinya sudah meminta oknum untuk mengembalikan uang tersebut, jelasnya. (Yus)