Daging busuk banyak beredar di pasar tradisional Solo

0
455

Buanainformasi.com – Sebdaging-busuk-banyak-beredar-di-pasar-tradisional-soloanyak 37 kilogram daging busuk yang disita saat operasi yustisi Dinas Pertanian dan Polresta Kota Solo, Kamis (25/6) dini hari dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan di rumah potong hewan milik Dinas Pertanian, Jagalan, Solo dengan cara dibakar di ruangan khusus.

Dari 37 kilogram daging busuk tersebut 35 kilogram di antaranya adalah daging sapi yang ditemukan di Pasar Nusukan, sedangkan sisanya adalah kepala ayam busuk yang ditemukan di Pasar Legi.

Dalam kegiatan tersebut, petugas membagi dua tim dengan menyisir enam pasar tradisional. Tim pertama melakukan operasi di Pasar Legi, Jebres dan tempat penampungan daging di kawasan Jagalan. Kemudian tim dua melakukan operasi di Pasar Nusukan, Pasar Jongke dan Pasar Sidodadi Kleco.

Tak hanya daging busuk, tim operasi yustisi lainnya juga berhasil menyita 1 kilogram daging sapi basah atau gelonggongan. Kasi Kesehatan Masyarakat Feteriner Dispertan Solo, Bagus Sarwoko mengatakan, pada awalnya tidak ada pedagang yang mengakui, namun setelah ditunggu kemudian ada dua pedagang yang mengakui.

“Mereka langsung kami mintai keterangan dan diserahkan ke polisi,” ujar Bagus.

Bagus menambahkan, operasi yustisi dilakukan rutin setiap bulan suci Ramadan dan menjelang Lebaran. Namun kenyataannya masih banyak ditemukan pedagang nakal yang menjual daging tidak layak konsumsi.

“Menjelang datangnya Lebaran banyak pedagang nakal untuk meraup keuntungan dengan menjual daging tak layak konsumsi. Kami mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan waspada apabila membeli daging di pasaran,” tandasnya. (Sumber : Merdeka.com)