Curah Hujan Tinggi, Jalinbar di Pekon Batu Ketulis Longsor

0
346

Lampung Barat, buanainformasi.com – Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari belakangan dan kondisi tanah yang labil telah menimbulkan longsor di jalan lintas barat di daerah pekon Bahu Kecamatan Batu Ketulis Lampung Barat, Rabu 4 April 2018.

Diperkirakan longsor terjadi pukul 14.30 wib, dengan material longsor yang sempat menutupi badan jalan sehingga puluhan kendaraan sempat terjebak macet di tempat kejadian.

Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat baru bisa membuka akses perjalanan pada pukul 18.00 wib dengan mengerahkan alat berat milik Dinas PUPR Lampung Barat. Untuk sementara baru satu arah yang bisa dilalui kendaraan.

 

Kepolisian Sektor Sekincau Lampung Barat juga dengan sigap mengamankan situasi saat longsor terjadi. Dibawah pimpinan Kapolsek Kompol Suharjono, berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk melakukan evakuasi material yang menutup badan jalan serta mengatur arus lalulintas di lokasi tersebut.

“Kami mencoba mengevakuasi material longsor secepatnya karena puluhan kendaraan terjebak di sana. Dan dengan kerja sama yang baik semua pihak akhirnya mampu dibuka jalan walaupun hanya satu jalur dulu,” kata Suharjono.

Sementara seorang pengemudi truk yang hendak mengantarkan muatan sayur dan sudah dua jam terjebak mengkhawatirkan barang bawaannya akan membusuk jika terlalu lama di dalam mobil dan terlambat sampai di tempat tujuan.

“Ya saya bersyukur sudah terbuka jalurnya meski baru sebelah. Yang penting semua bersabar agar tidak terjadi saling serobot,” katanya.

Tercatat dalam setiap musim hujan, di wilayah Lampung Barat sering terjadi longsor pada bukit di kanan kiri jalan. Rawan longsor di Jalan Lintas Barat.(*)