Buruknya Infrastruktur Jalan, Warga Bunga Mayang Ngadu ke Arinal

0
302

Lampung Utara, buanainformasi.com – Buruknya infrastruktur jalan di Provinsi Lampung dan masalah gangguan keamanan di daerah ini kembali diadukan warga kepada Calon Gubernur Lampung nomor urut tiga, Arinal Djunaidi.

Kali ini disampaikan Wan Adi (27), warga Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara, yang meminta Arinal agar memprioritaskan pembangunan jalan dan menangani masalah gangguan keamanan pada saat memimpin Lampung.

“Infrastruktur di desa merata terutama jalan-jalan yang ke arah dalam (masuk desa). Soalnya masih banyak yang rusak. Biar ke ladang tenang,” ungkapnya, Rabu, (4/4).

Wilayah Lampung Utara, kata petani singkong ini merupakan zona merah terkait keamanan.

“Jadi tolong diutamakan masalah keamanan. Biar gak khawatir kalau ke ladang membawa motor, gak ada begal, gak ada pencurian motor kalau ditinggal,” pintanya.

 

Hal senada juga disampaikan warga lainnya, Hedi Sanura (26) yang meminta jalan jalan di desanya diperbaiki.

“Jalan diperbaiki secara merata biar kalau mau ke kota enak,” ujarnya.

Dalam kampanye dialogis Cagub-Cawagub Lampung nomor urut tiga, Arinal Djuanidi-Chusnunia di Sukadanaudik, warga juga menyampaikan soal hasil usaha taninya selalu murah atau harganya anjlok sehingga tidak menguntungkan petani.

Arinal Djunaidi menyanggupi memenuhi permintaan warga bila diberikan amanah memimpin Lampung bersama Chununia atau Nunik. Arinal janji fokus dalam pembangunan infrastruktur dan keamanan di Sukadanaudik, Bungamayang.

“Insyaallah jika terpilih, bukan hanya fokus kepada pembangunan dan infrastruktur, tetapi bagaimana membangun manusianya. Termasuk ibu-ibu dan anak-anak dalam hal perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan,” ucap dia.

Menurutnya, sembilan program utama, pertama bagaimana membangun ekonomi rakyat ini.

“Terkait keamanan, Insyaallah jika saya terpilih, ada jaminan rakyat akan aman. Jalan yang jelek akan diperbaiki,” urainya.

Program lain yang akan dilakukan, menurut mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, ini pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kemudian meningkatkan kualitas kesehatan. Yang terakhir pelayanan pemerintah terhadap masyarakat menjadi lebih baik,” ujar cagub nomor tiga.

Arinal juga menjelaskan bagaimana cara mengentaskan kemiskinan.

“Saya sudah meresmikan dan memberikan jaminan kepada petani dengan Kartu Petani Berjaya. Tersedia bibit dan benih yang bagus dan berkualitas, pupuk dan obat-obatan mudah didapat dan tersedia saat akan digunakan oleh petani, garansi harga jual yang menguntungkan petani,”Ujar Cagub Lampung nomor urut 3 ini.

“Insyaallah saya akan memberikan fasilitas kredit usaha tani sebesar Rp20 juta. Jadi bisa berternak ayam, bebek, kambing, dan sapi. Ini juga akan diawasi oleh penyuluh sehingga tidak disalahgunakan. Harus digunakan untuk usaha petani,” bebernya.

Arinal juga akan memberikan beasiswa kepada anak-anak petani yang diterima di fakultas pertanian di perguruan tinggi negarai di Indonesia.

“Kartu Petani Berjaya akan membawa petani lebih maju. Saya ini selalu memikirkan petani. Makanya saya ingin menjadi gubernur untuk memajukan petani di lampung, agar lebih maju,” jelasnya.(*)