Bupati Zainudin Minta Perusahaan Tambang Sumbang Satu Ton Beras Untuk Korban Banjir

0
282

Lampung Selatan, buanainformasi.com – Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, meminta perusahaan tambang menyumbang satu ton beras kepada korban banjir.

Permintaan itu disampaikan Zainudin dalam rapat dengan perwakilan perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di kecamatan Katibung, di aula Krakatau Kalianda, Kamis (5/4).

 

“Satu ton beras itu berapa pak ? Cuma 1,1 juta, masa iya gak bisa, kalau tidak beras, mie instan juga gak apa-apa, asal jangan sarden aja, karena ada cacingnya,”ujar Zainudin.

Zainduin juga sempat murka kepada perusahaan tambang batu di kecamatan Katibung.
Emosi Bupati memuncak ketika perwakilan dari perusahaan sumber batu berkah 2 (SBB2) mengelak saat disinggung soal izin tambang perusahaan mereka yang dinilai melanggar aturan.

Menurutnya, SBB2 melanggar izin penggunaan lahan yang luasnya tidak sesuai izin awal. “Perusahaan anda lebih satu hektar dan itu tidak sesuai dengan izin anda dan menggali sedalam 40 meter,”Tegasnya.

Pertemuan ini digagas untuk mencari jalan keluar agar jalan yang rusak parah karena dilalui kendaraan berat milik perusahaan tambang batu yang beroperasi diwilayah tersebut untuk segera di perbaiki.

“Kalau kita sepakat mari kita perbaiki jalan itu. tapi kalau tidak sepakat, maka saya akan tutup jalan tersebut dan dijaga oleh PolPP, kalau PolPP takut, saya akan kerahkan jago-jago kampung untuk berjaga,”Kata Zainudin.

Perbaikan jalan diperkirakan akan menelan biaya Rp16 miliar dan Bupati mengusulkan 16 perusahaan tambang yang beroperasi di Katibung bisa bersama-sama membangun kembali jalan yang rusak dengan bahan beton.(*)