Bupati Raden Adipati Wajibkan Berbahasa Daerah Setiap Hari Rabu

0
310

Way Kanan, buanainformasi.com – Raden Adipati Surya Membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2018 di GSG setempat, Rabu, (21/3).

Hadir dalam acara Musrenbang tersebut Bupati Way Kanan Kepala Bappeda provinsi Lampung Ir. M Taufik Hidayat MM, unsur Forkopimda Kabupaten Way Kanan, para kepala SKPD, Camat dan kepala kampung se-Kabupaten Way Kanan.

“Terselenggaranya Musrenbang Kabupaten ini merupakan kesimpulan dari Musrenbang Kecamatan dan Kampung yang telah dilaksanakan terlebih dahulu, yang berawal dari Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kampung (Musrenbangkam) dilanjutkan dengan Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) dan sdilaksanakannya Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kabupaten Way Kanan (Musrenbangkab),” Ujar Kepala Bappeda Way Kanan Rudi Joko Dalam Sambutannya.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengatakan, pada kesempatan ini dirinya berkesempatan memakai pengantar pidato menggunakan bahasa Lampung Way Kanan, sesuai dengan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Pengunaan Bahasa Lampung Way Kanan setiap Hari Rabu sebagai bentuk pelestarian Bahasa Daerah.

Selanjutnya, Adipati mengatakan sudah dua tahun memimpin Way Kanan bersama Edward Antony. Pada 2018 ini adalah pelaksanaan pembangunan tahun ketiga dan musrenbang keempat.

Musrenbang merupakan bagian penting untuk mencari masukan guna menyusun perencanaan pembangunan tahun anggaran 2019, untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran program yang ditetapkan dalam RPJMD Waykanan 2016-2021.

 

Adipati berharap melalui Musrenbang ini, diharapkan dapat dilakukan sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan, yang perlu dukungan dana APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN dan APBK (Kampung) sehingga pelaksanaan Musrenbang ini dapat menghasilkan suatu perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, yang akan menjadi dasar pelaksanaan pembangunan pada tahun 2019.

Sejalan dengan tema RKPD Provinsi Lampung tahun 2018 yaitu Memantapkan Pertumbuhan Yang Berkualitas, Berdaya Saing Dan Berkeadilan, maka dalam penyusunan RKPD Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 mengusung Tema: “Membangun Keunggulan Daerah Dan Sumber Daya Manusia Yang Didukung Pembangunan Infrastruktur Dan Pelayanan Dasar”.

Tema pembangunan 2019 berorientasi pada upaya mengembangkan keunggulan daerah terutama komoditas unggulan melalui upaya revitalisasi pertanian dan pengembangan UMKM, meningkatkan sumberdaya manusia, yang didukung oleh pembangunan infrastruktur, pembenahan tata kelola pemerintahan dan kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif serta lingkungan yang lestari.

Sementara Taufik Hidayat yang mewakili Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno memaparkan empat agenda pokok program pembangunan Provinsi Lampung. Keselarasan antara bidang pemerintahan tantangan dan isu strategis pembangunan Sinergi Prioritas pembangunan antara pusat dan daerah serta strategi dan program kegiatan pembangunan Provinsi Lampung.

Karena itu, Taufik menambahkan, semua kabupaten kota harus menyelaraskan programnya dengan program yang ada di Provinsi Lampung. Sehingga pembangunan di Provinsi Lampung terintegrasi dengan baik. (lipsus)