Bupati Lamteng Pastikan Tidak Ada Pungli Pengurusan E-KTP

0
437

Dikirim oleh Buana Informasi.com pada 31 Maret 2016

Lampung Tengah, Buana informasi- Bupati Lampung Tengah Hi. Mustafa memastikan bahwa mengurus dokumen kependudukan atau e-ktp gratis tanpa ada biaya dan mengancam akan memberikan sangsi keras jika terdapat oknum pegawai yang melakukan pungutan liar (pungli) kepada masyarakat yang hendak mengurus pembuatan e-ktp. Kamis (31/03/2016)

Ancaman sangsi keras tersebut disampaikan Mustafa pada launching e-ktp yang diselenggarakan di Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah pada 29 maret yang lalu, ketegasan bupati lampung tengah ini disambut gembira masyarakat yang selama ini mengeluhkan berbagai pungutan yang memberatkan dalam pengurusan dokumen kependudukan seperti e-ktp, kartu keluarga dan akta kelahiran.

Mustafa memastikan pengurusan dokumen kependudukan harus benar-benar gratis tanpa ada pungutan apapun jika nantinya ditemukan adanya pungutan yang dilakukan oknum pegawai Mustafa akan langsung memberikan sangsi keras penurunan jabatan sampai pemecatan.

Mustafa juga menghimbau agar masyarakat untuk mengurus sendiri dokumen kependudukannya dengan datang langsung ke kantor kecamatan tanpa melalui calo.

Lampung tengah yang terdiri dari 28 kecamatan ini hanya memiliki 3 alat cetak e-ktp dari pemerintah pusat untuk mengoptimalkan kinerjanya di tiga wilayah yakni barat, timur dan tengah.

Nantinya juga Mustafa akan turun langsung ke masyarakat untuk memastikan program yang ia gulirkan ini benar-benar terwujud. Pasalnya, selama ini meski sudah diberikan teguran dan ancaman masih tetap saja ada beberapa oknum yang melakukan pungutan liar.(Hengki)