Bupati menyerahkan secara simbolis 5 ekor hewan Qurban

0
405

Lampung Utara, buana informasi.com-Bupati Lampung Utara (Lampura) H. Agung Ilmu Mangkunegara., S.STP.,MH., menyerahkan secara simbolis  hewan Qurban kepada Panitia PHBI Lampung Utara, usai Sholat Idhul Adha di Halaman Pemkab. Lampung Utara, Kamis 24 September 2015

Bupati Lampung Utara, didampingi Wakil Bupati, dr. H. Sri Widodo., M.Kes. SP.Pd. Finasim, dan Sekdakab, Drs. Samsir., M.M, Utara, bersamalan dengan para SKPD dan masyarakat Lampung Utara, usai Sholat Idhul Adha, menyerahkan 5 ekor Sapi secara simbolis  hewan Qurban kepada Panitia PHBI. 1 ekor sapi di potonn di Halaman Pemkab. Lampung Utara, 4 ekor sapi tersebar di 4 Kecamatan Kab. Lampung Utara, selain itu Wakil Bupati menyerahkan1 Ekor Sapi,  disalah satu Masjid di Kecamatan Bukit Kemuning, sementara, Sekretaris Daerah menyerahkan 1 ekor sapi di salah satu masjid, di Jlan Punai Jaya Kec. Kotabumi Selatan

Dalam sabutan Buapati lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara., S.STP.,MH Menyapaikan,            Saudara-saudara dan Hadirin Jamaah sholat Ied yang saya hormati, “ Pada pagi hari ini seluruh umat Islam di penjuru dunia mengumandangkan gema takbir, tasbih dan tahmid untuk mengagungkan serta memuji asma-asma Allah. Dalam suasana seperti ini akan semakin terasa bahwasanya manusia dihadapan Tuhan adalah sama, kecuali takwanya.”

12Hari Raya Idul Adha/Hari Raya Qurban, merupakan hari yang bersejarah bagi umat manusia, karena Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Ismail telah meletakan dasar-dasar sejarah yang hingga kini masih bisa kita lihat pada pelaksanaan ibadah haji dan penyembelihan hewan qurban.

Bila kita mengkaji hikmah yang terkandung dalam ibadah qurban, sekurang-kurangnya ada dua dimensi hikmah yang dapat kita petik, yaitu :

Pertama : Dimensi Ritual

Yaitu pelaksanaan qurban semata-mata karena memenuhi perintah Allah dan Rasul-Nya. Seperti halnya yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS., sekalipun harus menyembelih putra kesayangannya Ismail AS.

Kedua : Dimensi Sosial

Disamping keimanan, ibadah qurban juga berdimensi sosial, karena daging qurban yang dibagikan dapat menjadi perekat antara si kaya dan si miskin. Oleh karena itu berqurban hakekatnya membina persaudaraan, mengamalkan nilai-nilai kepekaan dan kepedulian sosial.

Hendaknya ibadah qurban tidak hanya dimaknai sebatas penyembelihan hewan dan membagikannya kepada saudara-saudara kita yang berhak menerima, namun juga menjadi simbol atas niat untuk membersihkan hati dan jiwa dari nafsu-nafsu hewani yang sering kali melekat pada diri manusia. Kecintaan kita terhadap atribut-atribut duniawi tidak boleh mengaburkan kecintaan kita kepada Allah Subhana Wa Ta’ala. Bahkan kita diharapkan mau mengorbankan apa yang kita miliki dan apa yang kita cintai demi kepentingan umat, bangsa, dan negara. Karena hal ini merupakan bagian dari perwujudan keimanan dan ketaqwaan kita.

Dalam konteks Pemerintahan, Saya bersama seluruh jajaran Eksekutif maupun Legislatif, akan terus berjuang untuk mewujudkan pembangunan yang merata dan berkeadilan menuju masyarakat Lampung Utara yang sejahtera. Hal ini diwujudkan dengan berupaya memenuhi hak-hak dasar masyarakat dan menyediakan pelayanan publik secara merata kepada seluruh masyarakat.

Dibidang pendidikan, program pendidikan gratis dan bermutu telah dijalankan. Bahkan saat ini terus dilakukan pembenahan terhadap fasilitas sekolah serta peningkatan kompetensi tenaga pendidik, dari tingkat PAUD hingga SMA. Dibidang kesehatan, program kesehatan gratis dengan pelayanan prima dan berkualitas sudah dapat dirasakan oleh masyarakat, baik di tingkat puskesmas maupun rumah sakit. Program tanggap siaga terbukti sangat membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang sigap dan cepat. Disamping itu RSD Ryacudu telah memiliki berbagai fasilitas yang semakin lengkap, seperti penambahan unit hemodialisa, unit stroke, orthopedi dan spesialis forensik serta medikolegal, sebagai wujud komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Lampung Utara.

Selain itu, saat ini pembangunan infrastruktur berupa jalan, jembatan, irigasi, fasilitas perkantoran dan lain-lain juga mulai dilaksanakan. Hal ini semata-mata guna menunjang aktifitas sosial dan kegiatan perekonomian masyarakat.

Hadirin jamaah sholat idul adha yang dirahmati Allah,

Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Lampung Utara, untuk bahu membahu dalam berupaya mencapai cita-cita pembangunan, dengan menghayati makna dan semangat ibadah qurban. Jika semangat berqurban ini mampu diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, Insya Allah dalam waktu singkat Kabupaten Lampung Utara dapat menjadi daerah yang lebih maju.

Oleh karena itu, mari jadikan ibadah qurban menjadi gaya hidup untuk membantu sesama. Karena orang-orang yang senantiasa berqurban akan memperoleh tempat yang paling tinggi di sisi Allah SWT,    dan ibadah qurban juga bisa mengantarkan umat islam menjadi umat yang kuat, umat yang tangguh, umat yang memiliki kepedulian kepada sesama.

Hadirin jamaah sholat idul adha yang dirahmati Allah,

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mengajak jemaah sekalian untuk mendoakan saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah haji, semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga dapat kembali ke tanah air dengan sehat wal ‘afiat serta meraih predikat haji mabrur.

Demikian yang dapat Saya sampaikan pada kesempatan ini. Atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah Kabupaten Lampung Utara, saya mengucapkan selamat hari Raya Idul Adha 1436 H. Semoga kita senantiasa istiqomah dan menjadi hamba-Nya yang bertakwa.Papar Bupati. (ADV/Rilis Humas/Basri Subur)