Bupati Khamami Serukan Pembentukan Forkopimdes

0
577

Mesuji, buanainformasi.com – Bupati Mesuji, Khamami mengatakan perlunya untuk segera dibentuk Forum Koordinasi Pimpinan di Desa (Forkopimdes). Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Kerja Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) Kabupaten Mesuji di Hotel Le’man, Unit II, Tulang Bawang, Kamis (29/10/2015). Dalam rapat kerja tersebut dihadiri oleh Unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Mesuji, Kapolres Mesuji, Kajari Menggala, dan Dandim 0426/Tulang Bawang.

Dirinya mengatakan pembentukan Forkopimdes berfungsi untuk menunjang  kelancaran dan menyelaraskan pelaksanaan Pemerintahan Desa sesuai dengan kewenangannya. Dalam Forkopimdes nantinya akan diketuai oleh Kepala Desa, dengan beranggotakan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) setempat.

“Untuk menunjang  kelancaran pelaksanaan urusan Pemerintahan Desa sesuai dengan kewenangannya sebagaimana telah diatur dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 sebagaimana diubah dengan PP Nomor 47 Tahun 2015, maka perlu untuk dibentuk Forkopimdes. Dengan terbentuknya Forkopimdes, diharapkan nantinya segala permasalahan yang terjadi di desa dapat dibahas oleh Forkopimdes, termasuk APBDes,” ujarnya.(Rilis Humas)