Bupati Hadiri Pelatihan Penanggulangan Bencana

0
407

BIC, Lampung Utara – Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara hadiri acara Pelatihan penanggulangan bencana yang di adakan oleh (BPBD) Kabupaen Lampung Utara, Acara di selenggarakan di Komplek Gedung Masjid Shuhada Kotabumi, Kamis (10/12/2015)

Acara di gelar dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan BPBD kala bencana melanda. Bupati Lampung Utara mengatakan dalam sambutanya bahwa pelatihan penanggulangan bencana mutlak harus dilakukan agar kita semua bisa siap dan siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana,ujarnya.

Senada dengan yang di ungkapkan Rusdi Kepala BPBD Kabupaten Lampung Utara, ia mengatakan bahwa dilaksanakannya kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan jajaran BPBD, dan instansi terkait dalam melakukan tindakan jika terjadi bencana, katadia.

Lanjut Rusdi, bahwa dalam kegiatan tersebut pihaknya melibatkan tim dari BPBD Provinsi Lampung, perwakilan dari anggota TNI Kodim 0412 Lampung Utara, dan anggota BPBD kabupaten setempat.Semua upaya atau kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan berkaitan dengan bencana yang dilakukan pada sebelum, pada saat dan sesudah bencana,  jelasRusdi.

Rusdi menambahkan, dalam sikap kesiapsiagaan ada sembilan komponen yang meliputi kegiatan mulai dari penilaian resiko, perencanaan siaga, mobilisasi sumberdaya, pendidikan dan pelatihan, koordinasi, manajemen darurat, peringatan dini, manajemen informasi, gladi atau simulasi , pungkas Rusdi./(Red)