Bupati Dendi Ramadhona Imbau Satpol PP dan Satlinmas Untuk Jaga Kondusifitas Pilkada

0
334

Pesawaran, buanainformasi.com – Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona menyebut pada peringatan hari jadi Satpol PP dan Satlinmas ke-68 ini menjadi sangat istimewa karena bersamaan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di 171 daerah yang meliputi 17 Provinsi dan 154 kabupaten/kota).

Hak itu dikatakannya saat membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo pada perayaan Hut Pol-PP ke-68 dan satuan pelindung masyarakat ke-56 di halaman Pemkab Setempat, Rabu (4/4).

“Dengan tema Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018, mudah-mudahan ke depan ada upaya peningkatan kesiap siagaan serta keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas sebagai Perangkat Daerah yang turut memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018,” kata Dendi.

 

Terkait hal ini, menurutnya, dianggap terdapat relevansi antara tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam penegakan Perda dan Perkada serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta Satlinmas yang mempunyai tugas pokok dan fungsi antara lain membantu menjaga ketenteraman dan ketertiban Umum penyelengaraan Pemilu dan Pemilukada, baik sebelum, pada saat maupun setelah pelaksanaan pemungutan suara serta membantu dalam penanggulangan bencana serta tugas sosial kemasyarakatan lainnya.

“Sebagai Informasi, bahwa pelaksanaan Pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018 nanti dan saat ini tahapan Pilkada serentak telah memasuki tahap kampanye. Momen tahapan Pilkada serentak menjadi sangat penting bagi kita semua, terutama bagi jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah, karena biasanya potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat akan meningkat sangat tajam,” jelasnya.

Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi tersebut, menurutnya, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya aparat Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini.(*)