BRTI: Tata Ulang 1800 Mhz Tak Boleh Molor

0
433

pekerja-cek-bts-xl-di-bandung_663_382Buanainformasi.com – Empat operator seluler, yaitu Telkomsel, XL, Indosat, dan Hutchinson 3 (Tri) sepakat untuk penataan ulang (refarming) di spektrum 1.800 MHz 4G Long Term Evolution (LTE). Setidaknya, ada 42 kluster yang akan ditata mulai pada awal Mei.

Sebelumnya, Dirjen Sumber daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Muhammad Budi Setiawan, menyatakan tata ulang akan dilakukan mulai 1 Mei 2015.

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), meluruskan maksud pernyataan pria yang akrab disapa Iwan itu.

“Tidak mungkin tanggal 1 Mei. Mungkin itu maksudnya awal bulan Mei. Keempat operator sudah sepakat akan melakukan refarming di hari Senin, Rabu, kembali ke Senin,” kata Anggota BRTI, Nonot Harsono saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Senin malam kemarin.

Dijelaskan, hari-hari tersebut merupakan trafik dari para operator yang paling rendah, ketimbang trafik yang terjadi di akhir pekan. Sehingga, disepakati, untuk memilih hari yang jumlah trafiknya tidak banyak, yaitu Senin dan Rabu.

“Kalau tanggal 1 Mei kan jatuhnya Hari Buruh Nasional, apalagi itu di akhir pekan. Jadi, tepatnya operator akan melakukan refarming dari tanggal 4 Mei hingga 23 November 2015,” jelas pria asal Jawa Timur ini.

Ketika disinggung, sejauh mana keempat operator tersebut mampu menyelesaikan tata ulang 1.800 MHz, sesuai dengan penjadwalan, Nonot pun menegaskan hal tersebut sudah seharusnya tercapai.

“Jelas, harus itu. Nggak mungkin (telat). Ini sudah kesepakatan, sesuai jadwal teknis,” kata Nonot.

Ia pun meyakini penataan spektrum 1.800 MHz sekitar enam bulan ini dapat terlaksana tepat waktu. Kemudian para operator tersebut dapat menggelar layanan 4G tahap kedua pada akhir tahun 2015.

“Kalau sudah refarming dan operator sudah sepakat menggelar layanan 4G, Desember kemungkinan pasti bisa,” ungkap Nonot yang sudah menjabat anggota BRTI sejak 2009.

Seperti diketahui, pada pita frekuensi 1.800 MHz ini diisi oleh empat operator. Telkomsel dan XL menduduki dengan pita lebar masing-masingnya sebesar 22,5 MHz, kemudian Indosat 20 MHz dan Tri 10 MHz. (sumber : Viva.co.id)