BPMPD Lampura Rancang Perbub Desa

0
1047

Lampung Utara (Lampura) buanainformasi.com- Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lampura melangsungkan acara pembahasan rancangan Peraturan Bupati (Perbub) tentang Desa di aula kantor setempat, Rabu (03/02/2016).

Pembahasan itu, menyusul akan diterapkan segala ketentuan yang terdapat di Undang-Undang Desa nomor 6 tahun 2014 diwilayah setempat.

Sekretaris BPMPD Lampura Wahab mewakili Kepala BPMPD Edwar Kusuma menerangkan, pelaksanaan pembahasan Perbub Desa itu guna menyusun segala hal yang berkaitan dengan ketentuan UU Desa. Dimana sebelumnya, pembahasan telah dilakukan pihaknya secara internal. “Sebelumnya pembahasan Perbub ini telah kita bahas dengan stab ahli.” ujarnya.

Nantinya, kata dia, jika segala sesuatu telah siap maka rancangan Perbub Desa akan diajukan ke Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara untuk selanjutnya diterapkan diwilayah setempat. “Untuk pengajuannya belum dapat kita pastikan, yang pasti saat ini kita penuhi dulu segala hal yang dibutuhkan.” kata dia.

Didalam Perbub tersebut, jelas dia, ada beberapa poin yang akan diberlakukan disetiap Desa yang ada, mulai dari aturan pengunaan anggaran, tunjangan aparatur Desa, proritas pembangunan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pemerindatahn Desa (RKP-des), dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), dan berbagai poin lainnya.

Pelaksanaan pembahasan rancangan Perbub itu, tambah dia, diikuti oleh pengurus Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) perwakilan seluruh Kecamatan yang ada di Lampura. “Ya, tamu undangannya berasal dari 23 Kecamatan yang ada.” pungkasnya. (Niko)