BPJS Ketenagakerjaan bisa tindak perusahaan bandel terhadap pekerja

0
459

Buanainformasi.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan saat ini memiliki tambahan fungsi, yakni pengawas dan pemeriksa. Dua fungsi tersebut sebelumnya dilaksanakan oleh tenaga pengawas dari regulator.

“Dengan fungsi ini (pengawas dan pemeriksa), BPJS Ketenagakerjaan akan dapat langsung menindak tegas perusahaan yang bandel agar merealisasikan hak pekerjaan,” kata Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Elvyn G Masassya di Cilacap, Selasa (30/6).

Lebih jauh, dia mengatakan seluruh pekerja di Indonesia mempunyai hak yang sama untuk memiliki jaminan sosial.

Dalam peresmian operasional penuh BPJS Ketenagakerjaan oleh Presiden Joko Widodo, diberikan bantuan stimulus iuran selama tiga bulan kepada lima ribu nelayan di Cilacap.

“Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan tenang bagi nelayan saat melaut, apalagi bahaya dan resiko saat bekerja terus mengintai nelayan yang memiliki resiko besar saat bekerja,” ucapnya.

BPJS Ketenagakerjaan, lanjutnya, akan menanggung resiko-resiko yang terjadi kepada nelayan yang sudah terdaftar dalam kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). ( Sumber : Merdeka.com )

bpjs