BPBP Gelar Sosialisai Air Bersih

0
433

Lampung utara, buanainformasi.com-Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Lampung hari ini menggelar kegiatan Sosialisasi Tehnologi Tepat Guna Peningkatan Kualitas Air Bersih untuk Wilayah Pasca bencana.Rabu(4/11/2015)

Kegiatan Sosialisasi Tehnologi Tepat Guna Peningkatan Kualitas Air Bersih ini di hadiri oleh Indra Utama selaku narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Provinsi yang memberikan materi dan tanya jawab seputar tatacara dan pengolahan air bersih yang lebih berkualitas dan layak di pergunakan oleh masyarakat sekita, terutama saat Bencana berlangsung maupun setelah pasca bencana hal ini tentunya sangat di butuhkan oleh masyarakat pada umumnya.

“Kegiatan sosialisasi ini melibatkan 5 kecamatan, diantaranya Kecamatan Abung Selatan,Kecamatan Kotabumi,Kecamatan Kotabumi Selatan,Kecamatan Abung Kunang dan Kecamatan Blambangan Pagar. Sebanyak 30 perwakilan dari masing-masing kecamatan dan alhamdulilah semuanya berjalan lancar dan acara sosialisasi hari sukses ” ujar  Indra Utama

Dalam Sosialisasi ini sumber menerangkan, dalam hal Penanggulangan Bencana yang diakibatkan kesengajaan akan lebih sulit dilakukan perbaikan, dibandingkan dengan bencana yang di akibatkan oleh faktor kejadian alam” Terang Narasuumber dari BPBP.

Kegiatan Sosialisasi di buka oleh Sekretaris Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Utara Ansyori Yazid.

” Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lampung Utara selalu mendapatkan Backup bantuan dari BPBP Lampung terutama dalam hal Pengadaan sarana dan prasarana peralatan untuk Pemadam, seperti halnya pengadaan mobil Pemadam Kebakaran(Damkar) dan Peralatan lainnya yang menjadi prioritas Utama oleh Badan Penanggulangan Bencana Provinsi(BPBP).jelas Ansyori

Dirinya berharap BPBP Lampung bisa terus memperhatikan apa yang menjadi keperluan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten ini sehingga nantinya bisa lebih Optimal dalam melakukan penanganan baik saat Bencana maupun Pasca bencana nantinya” Pungkas Ansyori Yazid.

Dalam Sosialisasi ini Indra Utama menunjukan tata cara Penyulingan Air, dari air yang keruh menjadi air yang Jenih. Namun air tersebut belum bisa di pakai langsung untuk di minum, melainkan air tersebut harus melalui tahap Pemanasan (direbus) terlebih dahulu untuk menghilangkan Bakteri atau kuman yang berbahaya.  Air minum yang sehat itu bisa di lihat dari tingkat keasaman (Ph) dengan kandungan zat O2 yang lebih rendah di bandingkan dengan minuman-minuman segar lainnya”Jelas  narasumber BPBD.( k/Basri )