Bohlam Lampu Motor Cepat Putus, Ini Masalahnya

0
548

lampu-motor-_663_382Buanainformasi.com – Keberadaan lampu motor, saat ini tidak hanya untuk penerangan di malam hari. Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah telah mewajibkan lampu motor menyala terus, siang-malam. Gunanya agar lebih terlihat oleh pengguna jalan lain.

Misalnya, saat mengintip kaca spion. Tentunya hal ini akan mengurangi angka kecelakaan dan membuat pengguna jalan raya semakin berhati-hati.

Namun, yang namanya komponen kelistrikan memang tidak bisa ditebak umurnya. Terkadang bohlam lampu tiba-tiba putus. Berhubung letaknya di depan, biasanya bohlam yang putus tidak akan disadari oleh pemilik kendaraan.

Kondisi itu tentunya jangan sampai menimpa kendaraan Anda. Periksa selalu kondisi bohlam motor, cek lampu jauh dan lampu dekatnya. Biasanya, lampu jauh-dekat tidak akan mati bersamaan. Jadi, kalau lampu dekat putus, kemungkinan lampu jauhnya masih berfungsi. Atau sebaliknya.

Namun, kalau lampu jauh-dekatnya mati semua bagaimana? Ada dua kemungkinan. Seperti dilansir WeloveHonda, yang pertama memang filament lampu tersebut dua-duanya putus, atau ada sistem kelistrikan yang bermasalah.

Kalau setelah diurut ternyata memang benar ada permasalahan di sistem kelistrikan, mau tak mau harus diganti perkabelannya. Kalau untuk lampu depan, tidak perlu mengganti seluruh kabel bodi. Biasanya, banyak bengkel yang menjual kabel lampu depan beserta soket-soketnya.

Lalu, sesuaikan dengan spesifikasi motor Anda. Namanya kelistrikan, jangan main-main. Sebab, jika ada satu yang rusak, biasanya akan merembet ke komponen lain. Makanya harus cepat-cepat ditangani.

Kedua, jika setelah dicek oleh mekanik ternyata yang rusak hanya bohlamnya saja yang putus, gampang saja. Anda tinggal membeli lampu motor yang baru. Pastikan juga sesuai spesifikasi motor Anda agar tidak membebani kinerja sistem kelistrikan motor. (sumber : Viva.co.id)