Bawang merah dan putih tembus Rp 40 ribu/kg

0
610

Lampung Utara, buanainformasi.com-Menjelang Ramadhan harga komoditas pangan utama di sejumlah pasar Kabupaten Lampung Utara mulai mengalami kenaikan, kenaikan tertinggi pada komoditas bawang merah dan bawang putih dimana bawang merah mencapai 40 ribu rupiah/kg harga sebelumnya, 36 ribu rupiah/kg, harga yang sama juga terjadi pada bawang putih saat ini pun tembus harga 40 ribu rupiah/ kg harga sebelumnya 32 ribu rupiah/kg, padahal harga normal pada bawang merah dan putih hanya kisaran 15 ribu rupiah.

Selain kenaikan pada komoditas harga bawang merah dan putih kenaikan juga terjadi pada gula pasir dimana harga gula pasir berkisaran 15 – 16 ribu rupiah/kgnya dimana harga sebelumnya hanya 13 ribu rupiah/kg. Kenaikan harga juga terjadi pada harga ayam potong dimana harga ayam potong tembus pada 22 ribu rupiah harga sebelumnya 19 ribu rupiah.

Pedagang bawang di pasar Dekon Kotabumi Sumaidah juga mengatakan jika kenaikan harga komoditas tersebut telah terjadi pada seminggu yang lalu, dikatakannya harga bawang brebes seperti bawang merah dan putih telah mengalami kenaikan dari seminggu yang lalu/harga bawang merah dan putih telah mencapai 40 ribu rupiah/kgnya, diterangkannya dengan kenaikan harga tersebut para pembeli mengurangi jumlah pembeliannya.

Sementara itu salah seorang pedagang gula pasir Sumarno menjelaskan jika harga gula pasir telah mengalami kenaikan sejak seminggu yang lalu, harga gula pasir saat ini dijual berfariasi kisaran 15 ribu sampai 16 ribu rupiah/kgnya.
Hal senada dikatakan salah seorang pedagang ayam potong Ngadiem, dirinya mengatakan harga ayam potong telah mencapai 22 Ribu sampai 23 ribu rupiah dengan harga sebelumnya 17 ribu rupiah.

Terkait kenaikan harga komoditas tersebut Pemerintah Kabupaten Lampung Utara akan segera turun kepasar melakukan pengecekan dan mengambil langkah-langkah tekhnis menghadapi Ramadhan.
Wakil Bupati Sri widodo saat dikonfirmasi menjelaskan langkah Pemkab setempat terkait kenaikan komoditas harga menjelang ramadhan yaitu, pihaknya akan segera melakukan pengecekan harga pasar untuk dilakukannya langkah dalam membantu masyarakat menghadapi Ramadhan.(Basri)