Bawa Rombongan Pengusaha, Mantan PM Jepang Temui Wapres

0
517

Buanainformasi.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima Presiden Asosiasi Jepang Indonesia, yang juga mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda, di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis, 28 Mei 2015.

Fukuda tak datang sendiri. Ia membawa sejumlah chairman dari sejumlah perusahaan terkemuka di Jepang.

Wapres menyambut baik kedatangan Fukuda. Bagi dia, Jepang bukan negara baru yang membangun kerja sama dengan Indonesia. “Indonesia tidak lagi asing (bagi Jepang). Namun selalu ingin kita tingkatkan hubungan persahabatan dan hubungan investasi di Indonesia,” ujarnya.

Selama ini, hubungan dengan Jepang berlangsung baik. Apalagi soal investasi. “Kami selalu ingin melanjutkan usaha-usaha yang baik,” ujarnya menambahkan.

JK mengatakan, pekan lalu dia sudah bertemu dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Dalam kesempatan itu, JK mengatakan sepakat dengan pidato PM Abe soal quality infrastructure. Namun bagi JK, selain quality, juga harus ada value. “Artinya suatu keseimbangan yang baik,” kata JK.

Dalam siaran pers tertulis yang disampaikan Direktur Penerangan dan Kebudayaan Kedubes Jepang, Kenichi Takeyama, Fukuda dan rombongan berkunjung ke Indonesia sejak 26-28 Mei 2015. Mereka sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo, dan dijadwalkan juga bertukar pendapat dengan Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang.

Direncanakan, akan ada tukar pendapat tentang perluasan investasi Jepang di Indonesia yang beroreantasi ekspor. Seperti pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, pertukaran budaya, dan lainnya. Mereka berharap, ke depan, hubungan Indonesia dan Jepang tidak hanya mitra strategis, namun juga dikembangkan sebagai hubungan yang saling peduli.

Hadir bersama Fukuda, seperti Vice President Japan Indonesia Association, Naoki Kuroda dan Yutaka Iimura, Secretary General Toshiaki Igarashi, dan Secretary Kiyoaki Aburaki. Selain itu juga ada President and CEO Japan Post Holdings Co, Taizo Nishimuro, Chairman Sumitomo Corporation Kazuo Ohmori, Representative Director and Chairman and CEO Suzuki Motor Corporation Osamu Suzuki.

Chairman Emeritus of JGC Group JGC Corporation Yoshihiro Shigehisa, President Emeritus member of the board Taisei Corporation Takahashi Yamauchi. Chairman Daihatsu Motor Co,Ltd Koichi Ina, Spesial Corporate Adviser Panasonic Corporation Fumio Ohtsubo, Managing Executive Officer Mizhuo Bank Katsuyuki Mizuma. Executive Vice President Chiyoda Corporation Tadashi Izawa, Regional Coordinator and Advisor for Indonesia Masataka Komiya, President The National Graduate Institute for Policy Studies Takashi Shiraishi juga ada di antara mereka. (Sumber : Viva.co.id)