Bappeda, Bentuk Tim Khusus Pengembangan Tiga Produk Unggulan

0
483

Lampung Utara,  buanainformasi.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) segera membentuk tim khusus untuk pengembangan tiga produk unggulan.

Kepala Bappeda Lampung Utara, Syahrizal Adhar mengatakan, pembentukan tim oleh Pemerintah Daerah setempat ini guna mewujudkan program-program unggulan yang telah direncanakan agar dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Hasil rapat kita menyimpulkan ada tiga produk unggulan Kabupaten Lampura. Diantaranya, beras siger (beras tiwul), peternakan kambing, dan pengembangan keripik.” kata Syahrizal Adhar, diruang kerjanya, Rabu, 24/02/2016.

Dari masing-masing satuan kerja (Satker), lanjutnya, menghasilkan tiga opsi dari dinas pertanian dan ketahanan pangan menghasilkan produk unggulan beras siger (beras tiwul), pengembangan kambing, dan produksi keripik dari mantang ungu.

“Manfaatnya selain dapat mengurangi diabetes, juga dapat menambah energi. Perbandingannya kalau kita sarapan jam enam memakai nasi biasa paling sampai dengan jam sepuluh, tapi kalau pakai nasi tiwul bisa sampai jam satu siang. Dan beras tiwul ini juga mempunyai nilai-nilai budaya, dan nilai tambah jual bagi masyarakat,” paparnya.

Untuk harga jual beras siger (beras tiwul) lebih tinggi dari harga beras biasa yang berkisaran, untuk beras tiwul perkilogramnya Rp12.000 sampai Rp15.000,- dan produksi saat ini sudah berjalan di wilayah Kecamatan Kotabumi Utara, dan Abung Semuli.

Dalam rangka mengembangkan produk unggulan tersebut, Bappeda Lampura melalui instansi terkait lainnya seperti BP4K untuk penyuluhan,
Dinas Kehutanan untuk penyiapan lahan, Koperindag untuk industri, begitu juga untuk Dinas Pertanian dan Peternakan. Hal ini untuk bisa memenuhi kota penyediaan bahan hasil produksinya.

“Makanan non organik ini yang harus diunggulkan, dan saat ini sudah mulai dikembangkan oleh masyarakat. Dan kita akan adakan pendampingan, penyiapan lahan, bibit, hingga ke pemasarannya.” lanjut Syahrizal Adhar.

Selain produk beras siger (beras tiwul) ini, lanjutnya, produk unggulan kedua Pemkab Lampung Utara adalah pengembangan kambing, dan keripik dari mantang ungu. (niko)