Bansos Beras Sejahtera dibagikan Pemkab Way Kanan

0
274

Way Kanan, BuanaInformasi.com – Sebagai upaya mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Pemerintah Kabupaten Way Kanan memberikan bantuan sosial (bansos) beras sejahtera (rasta) sejumlah 10 kg setiap bulannya tanpa dikenakan biaya tebus.

Padri selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan, mengatakan bantuan sosial rasta merupakan program transformasi dari program sebelumnya yang bernama subsidi rastra atau yang dahulu lebih dikenal dengan nama subsidi beras miskin (raskin).

Bansos rastra diperuntukkan bagi 34.792 KPM di seluruh Kecamatan di Way Kanan dengan jumlah beras persatu KTM untuk satu bulan adalah sebanyak 10 kg dengan beras berkualitas medium dari perum Bulog sesuai ketentuan yang berlaku. Artinya dalam satu tahun, satu KPM Bansos Rasta mendapatkan jatah beras sebanyak 120 kg, ujarnya, Rabu (31/1/2018).

Menurutnya, total penyaluran bansos rastra setiap bulan sampai dengan titik distribusi adalah sebanyak 347.920 kg yang berarti dalam satu tahun penyaluran bansos rastra di Kabupaten Way Kanan sebanyak 4.175.040 Kg.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan Saipul, menjelaskan bansos rastra bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan akses masyarakat miskin dan rentan untuk pemenuhan kebutuhan pangan pokok yang menjadi hak dasarnya. Maka dari itu, penerima bantuan sosial beras sejahtera harus tepat sasaran.

Seluruh stakeholder harus koordinasi secara baik dalam melaksanakan program bansos rastra, dimulai dari SKPD, Kecamatan, Kampung/Kelurahan, dusun, sampai pada tingkat RT. Hal ini dikarenakan adanya relevansi antara program bansos rastra terhadap kesejahteraan masyarakat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Way Kanan, ungkapnya. (*)