Bahu Jalan Tikungan Sempulur Gisting Longsor

0
362

Tanggamus, buanainformasi.com – Para pengendara yang melewati Jalan Lintas Barat, tepatnya di Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Tanggamus, diimbau untuk waspada. Sebab salah satu bahu jalan yang kondisinya bertebing, mengalami longsor. Erosi sendiri terjadi Senin (19/2) sore, akibat guyuran hujan deras.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja arus lalulintas dari arah Kotaagung ataupun dari arah Talangpadang menjadi tersendat panjang, lantaran air menggenangi permukaan jalan karena gorong-gorong tertutup material longsor sehingga air meluap kejalan. Belum lagi tidak adanya petugas dari kepolisian maupun dinas perhubungan (Dishub) yang mengatur lalulintas.

Menurut Kepala Pekon Gisting Bawah, Sapari, longsor disebabkan oleh kondisi bahu jalan yang bertebing, ditambah banyaknya volume air ditanah, sehingga tanah menjadi ambrol.

 

”Senin kemarin kan hujan deras di wilayah Kecamatan Gisting. Akibatnya terjadi longsor pada bahu Jalinbar di Pekon Gisting Bawah. Tepatnya disebut sebagai Tikungan Sempulur, karena pas di sisi tikungan ada sebuah bengkel bernama Sempulur,” ujar kakon, Selasa (20/2) siang.

Kepala Pekon Gisting Bawah meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus untuk segera mengambil langkah, sebab jika dibiarkan akan sangat membahayakan bagi pengguna jalan karena longsor yang terjadi ini berada tepat di bahu jalinbar, ujar Sapari seraya mengatakan tidak ada petugas yang membantu membersihkan material longsor dan mengatur lalulintas.

Sampai Selasa (20/2) sore, titik longsor tersebut masih belum diperbaiki. Namun sebagai tanda agar pengguna jalan lebih waspada, pihak terkait telah memasang police line di tepi ruas jalan yang bawahnya telah longsor. (lipsus)