Atasi Kekeringan, Pemkab Mesuji Bangun Sumur Bor

0
519

Mesuji, buanainformasi.com- Musim kemarau yang berkepanjangan menyebabkan beberapa wilayah di Kecamatan Rawa Jitu Utara, Kabupaten Mesuji mengalami kekeringan. Selain kekeringan, air payau juga menjadi permasalahan lainnya yang dihadapi. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui dinas terkait melakukan penanganan dengan membangun sumur bor. Pembangunan sumur bor dilakukan di Desa Panggung Jaya. Adapun pembangunan tersebut dilakukan dengan menggunakan dana tanggap darurat.

Menurut Bupati Mesuji, Khamami, sumur bor ini nantinya akan dialirkan menuju 12 desa yang terkena dampak kekeringan dan air payau di Rawa Jitu Utara.

“Saat ini proses pengeboran telah selesai, yakni mencapai kedalaman 80 meter. Ditargetkan dalam minggu ini sudah dapat dioperasikan, sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat di 12 desa di Rawa Jitu Utara yang berada di lahan rawa pasang surut,” ujar Khamami, Senin (21/09/2015) di sela-sela mengikuti Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) IX di Lemhannas RI, Jakarta.

Ditambahkannya, selain di Rawa Jitu Utara, kekeringan dan air payau juga dialami masyarakat di Mesuji Atas. Direncanakan sumur bor juga akan dibangun di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Mesuji untuk menangani masalah tersebut.

“Saat ini tengah dilakukan survei lokasi pembangunan sumur bor di Desa Sumber Makmur. Jika memang layak dan tidak payau, maka akan segera dibangun untuk mencukupi keperluan air bersih bagi masyarakat di Mesuji Atas” pungkasnya.(Rilis Humas/Basri)