Arinal – Nunik Optimis Dapat Jadikan Lampung Menjadi Kota Hijau

0
217

Bandar Lampung, buanainformasi.com – Gencarnya pembangunan fisik terutama di perkotaan sering mengabaikan fungsi lingkungan. Bahkan, demi membangun sebuah kawasan, pohon yang berusia puluhan tahun pun dikorbankan.

Oleh karena itu, pengembangan kualitas lingkungan memerlukan perhatian khusus melalui pembangunan kota hijau dengan berfokus pada peningkatan kualitas lingkungan, penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan diterapkannya unsur infrastruktur hijau sebagai unsur utama kota hijau.

Penafsiran kota hijau, yakni sebuah kota yang erat dengan lingkungan dan infrastruktur hijau yang menjadi penyeimbang lingkungan.

Terkait masalah kota hijau, Calon Gubernur Provinsi Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi menyatakan Lampung harus bisa menjadi kota hijau.

Apalagi sebagian wilayah ini merupakan hutan yang masih dilindungi. “Pembangunan di Provinsi Lampung harus menggunakan konsep kota hijau, karena ini merupakan penyeimbang lingkungan kita,” katanya.

 

Kota hijau ini sebagai bentuk upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, apa lagi saat ini kerusakan hutan di Lampung sudah mencapai 60 persen dan untuk menutupi itu perlu solusi yang baik.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut tiga Arinal-Chusnuniah Chaliam atau yang biasa disapa Nunik menawarkan konsep pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan. “Pembangunan ramah lingkungan harus diutamakan, sehingga lingkungan tetap terjaga,” ujarnya, Senin (26/02)

Selain itu, pembangunan RTH harus tetap mempertahankan pohon yang masih baik, harus bisa terlihat baik meskipun sudah cukup usang. “Setiap daerah harus memiliki ruang terbuka hijau lebih dari dua, selain untuk ruang bermain anak ini juga harus dimanfaatkan untuk mencegah banjir,” kata dia.

Hal senada disampaikan, calon wakil gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengatakan RTH sangat penting selain untuk taman bermain anak, itu juga merupakan wilayah resapan air sehingga pembangunannya harus benar-benar matang. “Jangan menebang pohon yang sudah ada dan juga pembangunannya harus menggunakan konsep ruang hijau yang artinya harus ada celah untuk resapan air,” ucapnya.

Pasangan yang diusung Partai Golkar, PKB dan PAN ini mengungkan, bahwa dirinya optimis dengan konsep pembangunan infrastruktur yang mengedepankan kelestarian lingkungan, Lampung akan menjadi kota hijau.(*)