Arinal Inginkan Petani Kopi di Lampung Sejahtera

0
386
Nueva Segovia

Tanggamus, buanainformasi.com – Petani kopi di Lampung selama ini belum bisa menikmati hasil panennya dengan harga jual yang tinggi. Kondisi ini terjadi akibat tata niaga komodutas ini belum berpihak kepada petani.

Karenanya, Calon Gubernur Lampung nomor urut tiga Arinal Djunaidi telah memasukkan program perbaikan tata niaga kopi dalam program kerjanya saat dipercaya memimpin Lampung. Tata niaga kopi harus dibuat yang adil.

Arinal Djunaidi, calon Gubernur Lampung menyatakan hal ini saat berdialog dalam kampanye terbuka terbatas di lapangan Ulu Belu, Tanggamus, Senin, (5/3).

“Kita harus ajak pengusaha kopi agar duduk bersama dengan petani, jangan lagi petani tak sejahtera karena harga jual kopi rendah,” kata Arinal Djunaidi. (pelitaekspres.com)

Masalah pertanian berkelanjutan menjadi tema sentral materi kampanye Arinal Djunaidi yang berpasangan dengan Chusnunia Chalim.

“Lampung sudah ditetapkan sebagai provinsi agribisnis. Memiliki posisi strategis sebagai penyangga pangan nasional untuk produksi beras, juga sentra areal perkebunan untuk komoditas kopi dan lada hitam,” kata Arinal Djunaidi.

Di Ulu Belu misalnya, disebutkan sebagian besar pendapatan warga adalah dari pertanian dan hasil kebun. Hampir 90 persen warga yang hidup di kawasan penghasil gas alam yang dikelola oleh Pertamina.

 

Sementara itu Zubairy, warga setempat, berharap pasangan nomor urut tiga bisa terpilih dan memimpin Lampung. Rakyat percaya kepada pemimpin yang mau mendengarkan dan memberikan solusi masalah yang dihadapi masyarakat.

“Harapan kami, jalan jalan yang rusak segera diperbaiki. Saya percaya Pak Arinal mampu wujudkan kesejahteraan petani,” kata Zubairy.

Agenda kampanye pasangan Arinal-Nunik di Tanggamus ada lima titik kegiatan di tiga kecamatan Pulau Panggung, Talang Padang dan Ulu Belu. Kegiatan kampanye dialogis diisi juga oleh Riana Sari, istri Arinal Djunaidi di tiga titik kampanye.

Di saat bicara di hadapan ribuan massa yang tetap mengikuti acara hingga selesai meski suasana hujan, Arinal sempat terharu dengan besarnya dukungan dan doa yang disampaikan warga.

“Ada Ibu Ira yang menyanyi dengan tulus memberikan dukungan untuk saya. Insya Allah ini membawa keyakinan saya untuk bisa melayani setulus hati dan mewujudkan harapan rakyat, membangun Lampung lebih baik ke depan,” kata Arinal.(lipsus)