Anjing Pemandu Jalan Kepuncak Gunung

0
834

Lampung Selatan , buanainformasi.com-Siapa sangka, jika ada seekor anjing berprofesi menjadi pemandu jalan untuk mengantarkan para pendaki gunung menuju puncak gunung Rajabasa kabupaten lampung selatan,lampung,agar tidak tersesat ,hanya dengan memberi imbalan sebungkus manakanan  anjing bernama culik ini  juga menjaga keamanan para pendaki yang menginap.Kamis(29/10/2015)

Inilah anjing bernama culik, milik didik gondrong warga desa sumur kumbang, kecamatan kalianda ,kabupaten lampung selatan, lampung,  yang berprofesi menjadi gaet di gunung rajabasa. Anjing ini dengan gesit dan sudah hapal medan di jalur gunung tersebut ,dengan setia memandu para pendaki menuju puncak gunung agar tidak tersesat.

Jika berada pada medan yang berat maka si culik akan berada di depan dan memberikan tanda atau isyarat kepada pendaki agar lebih berhati-hati,  termasuk jika disekitar mereka terdapat binatang buas yang berbahaya, tak hanya itu anjing ini juga menunjukan lokasi dimana harus beristirahat dengan nyaman, sementara itu anjing ini akan melihat kondisi sekitar untuk memastikan keamanan.

Hanya dengan meberikan imbalan makanan seperti roti, mie instan dan lainya. Si culik akan mengantarkan hingga tempat tujuan tanpa memandang pendaki baru atau lama, selain itu jika ada pendaki yang tersesat maka binatang ini akan mengajak pendaki lainya untuk menuju lokasi dengan cara menarik narik untuk membantu.(Basri)