Aksi Tiga Pelaku Pembobol ATM Terekam CCTV

0
4665

Lampung Tengah, buanainformasi.com – Aksi ketiga tersangka yang merupakan warga Jambi berinisial KL (33), YP (34), dan ZD (46) Kawanan spesialis pembobol ATM Lintas Provinsi, Terekam Kamera CCTV yang berada di ruang mesin ATM milik Bank Mandiri yang berada di areal SPBU Kampung Wates Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah.

Pada rekaman CCTV, terlihat jelas ketiga pelaku dengan hitungan detik saja dapat membuka mesin ATM hanya dengan menggunakan sebilah gunting. Beruntung, aksi pelaku cepat diketahui oleh pihak security SPBU Wates, sehingga para pelaku gagal menguras rupiah yang berada di mesin ATM yang pada akhirnya memilih untuk melarikan diri, dan meninggalkan mesin ATM dalam keadaan terbuka.

Meskipun sempat melarikan diri dari SPBU Wates, ketiga tersangka berhasil dibekuk Pihak Kepolisian satu jam kemudian di Jalan Raya Lintas Sumatera Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah, yang tidak jauh dari Mapolres Lampung Tengah.

Penangkapan ketiganya sempat dihujani tembakan peringatan, pasalnya para pelaku berusaha meloloskan diri dari kepungan Anggota Kepolisian Polres Lampung Tengah.  Pengejaran berdasarkan laporan dari pihak security SPBU yang menginformasikan ciri-ciri pelaku dan nomor polisi kendaraan yang digunakan pelaku.

Saksi mata, security SPBU Wates Ibnu Asril menuturkan, pada saat kejadian dia berada di mesin pompa bensin yang tak jauh dari tempat mesin atm berada. mengira ketiganya adalah tekhnisi dari ATM bank, akan tetapi merasa sedikit curiga karna tidak berpakaian seragam, lantas ia menghampiri pelaku.

Belum sempat dirinya mengeluarkan kata-kata, ketiga pelaku langsung melarikan diri menggunakan kendaraan roda empat milik pelaku. Melihat pelaku melarikan diri dia segera melaporkan ke pihak kepolisian Polsek Bumi Ratu Nuban.

Kasat reskrim Polres Lampung Tengah AKP. Harto Agung Cahyono, S.Ik   mengatakan, hasil pemeriksaan sementara, ketiga pelaku merupakan spesialis pembobol bank antar provinsi. Pasalnya, menurut pengakuan pelaku sebelumnya telah  berhasil menjarah tiga mesin ATM di wilayah Jakarta. Namun naas, aksi yang ke empat di SPBU Wates berhasil digagalkan. Dari ketiga pelaku, ternyata salah satunya YP merupakan mantan security salah satu Bank Syariah ternama di jambi sehingga mengtahui seluk beluk mesin ATM.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, kini ketiga pelaku berikut satu unit kendaraan roda empat Honda CR-V telah diamankan, dan bersiap menerima pasal berlapis   363 junto 53 ancaman tujuh tahun penjara dan pasal 170    dengan ancaman lima tahun penjara.(Hengki)