Akhirnya, Pengungsi Sinabung Dapat Tempat Tinggal Layak

0
354

menteri-lingkungan-hidup-dan-kehutanan--siti-nurbaya_663_382Buanainformasi.com – Erupsi yang terjadi secara terus menerus di Gunung Sinabung yang berada di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, membuat sejumlah warga yang tinggal di kaki gunung mengungsi.

Ini dilakukan agar tidak ada korban jiwa setiap kali gunung tersebut meletus. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, merespons instruksi Presiden Joko Widodo untuk memberikan tempat yang layak bagi para pengungsi.

Siti akhirnya membangun ratusan unit rumah untuk warga tersebut. “Jumlahnya sekitar 103 unit dan sudah mulai diisi pengungsi Sinabung. Ini setidaknya dapat mengurangi beban pengungsi setelah disidak (diinspeksi mendadak–red) langsung oleh bapak Presiden,” ujar Siti saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 7 Mei 2015.

Siti menambahkan, meski sudah membangun tempat tinggal, namun belum seluruhnya lengkap, sebab belum tersedianya jalanan yang layak dan fasilitas umum lainnya di dekat rumah yang dibangun itu.

“Masih banyak yang harus dibenahi dan sudah dibicarakan oleh berbagai pihak mulai dari Gubernur, kepala BNPB serta anggota dewan RI,” jelas dia.

Dalam kesempatan ini juga, Siti berharap agar masyarakat Desa Bangkirai bisa menjalankan hidup lebih baik. (sumber : Viva.co.id)