Ahok Dapat Satu Ilmu Kelola Kota dari Ridwan Kamil

0
592

ridwan-kamil-dan-basuki-tjahja-purnama_663_382Buanainformasi.com – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengaku pernah diajari oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, tentang cara menata taman di Jakarta.

“Dia bilang kalau Anda ingin kelihatan membenahi kota, maka yang perlu Anda beresi itu taman-taman terlebih dahulu,” ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Jumat, 8 Mei 2015.

Berdasarkan saran Ridwan Kamil, kata Ahok, pembangunan taman-taman kota bisa meningkatkan kepercayaan warga terhadap pemerintah. Kerja pemerintah akan terlihat begitu jelas karena adanya taman-taman baru yang menghiasi kota.

Setelah tujuan itu tercapai, barulah pemerintah bisa segera melaksanakan program pembangunannya yang lain yang memerlukan kepercayaan dari warga seperti pembangunan infrastruktur baru atau pelaksanaan program yang berkaitan dengan kesejahteraan warganya.

“Biar selama 1 dan tahun pertama, orang bisa merasa ‘wah, kotanya berubah,’. Begitu kata Pak Ridwan Kamil,” kata Ridwan seperti ditirukan Ahok.

Pemerintah Provinsi DKI, kata Ahok, juga memang telah menjadikan program pembangunan taman sebagai salah satu fokus utama program pembangunannya sejak awal masa pemerintahannya dirinya dan mantan Gubernur Joko Widodo di tahun 2012 lalu.

“Siapa sih yang bikin taman-taman di kita tumbuh? Pak Jokowi sudah melakukannya duluan,” jelas Ahok.

Di masa pemerintahannya sebagai gubernur, Ahok mengatakan, Pemprov DKI pun melanjutkan kebijakan itu dengan melaksanakan pembangunan taman-taman terpadu atau Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Saat ini, sudah ada 2 RPTRA yang terbangun di Jakarta, yaitu di kawasan Pulogadung dan Cililitan. Ada sebanyak 4 RPTRA lagi yang akan terus dibangun oleh DKI pada tahun ini, yaitu di Cideng, Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu), Gandaria Selatan, dan Kembangan Utara.

Ahok dan Ridwan Kamil tercatat telah beberapa kali bertemu. Ridwan Kamil menemui Ahok di kantornya di Balai Kota DKI pada tanggal 16 September 2014 lalu untuk membicarakan kerja sama pariwisata antara kota Bandung dan kota Jakarta.

Keduanya juga pernah sama-sama bertemu dalam acara seminar Urban Logistic System yang diselenggarakan di Hotel Borobudur Jakarta pada tanggal 23 September 2014. (sumber : Viva.co.id)