Ahok: 3 Kali Transjakarta kecelakaan, kontrak operator bus dicabut

0
402

Buanainformasi.com.com – Gubernahok-3-kali-transjakarta-kecelakaan-kontrak-operator-bus-dicabutur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengakui, standar operasional prosedur (SOP) Transjakarta selama ini tidak tersusun dengan baik. Dalam sejumlah kecelakaan, salah satu penyebabnya karena tingkah sopir yang dinilai ugal-ugalan, tak profesional dan tak bersertifikat standar pelatihan mengemudi.

“Pastilah! Sebab kalau masih pakai kontrak yang lama, sopirnya nggak bersertifikat dan sebagainya. Makanya saya nggak mau mengulang kesalahan Transjakarta di 10 tahun awal,” tegas Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/6).

Ahok berencana menerapkan sistem rupiah per kilo meter, agar trayek operasional mereka terkoordinasi dengan baik. Selain itu, dirinya juga tak akan segan-segan memberikan sanksi berupa pencabutan kontrak operator bus, jika sampai terjadi kecelakaan lagi.

“Sekarang tiga kali kecelakaan langsung cabut. Dulu nih SOP kita ngaco. Makanya nanti saya mau ketemu sama kopami, bus kecil-kecil nanti dipakaikan rupiah per km. Kalau keluar masuk sembarangan saya coret,” pungkasnya.

Diketahui, dua kecelakaan menimpa bus Transjakarta dalam dua hari berturut-turut. Pada Senin (22/6), armada bus TransJakarta bernopol B 7500 IX menabrak delapan motor dan tiga mobil di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dan mengakibatkan tujuh orang luka-luka. Kemudian pada Selasa (23/6) kemarin, seorang pengendara motor tewas ditabrak TransJakarta di kawasan Plumpang arah Arthagading, Jakarta Utara. (Sumber : Merdeka.com)