2016, PAD Lampura Capai Rp75 Miliar

0
746

Lampung Utara, buanainformasi.com-Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lampung Utara (Lampura) ditahun 2016 ini mencapai Rp75.018.427.839. Jumlah tersebut, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan target PAD ditahun sebelumnya.

Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Lampura, Fivi Selviana Mewakili Kadisnya, Asmidi Ismail mengatakan, potensi PAD diwilayah tersebut sangatlah besar, oleh karena itu, target yang ditentukan selalu mengalami peningkatan disetiap tahun .”Kenaikan target PAD kita ditahun ini mencapai lebih dari Rp.4 Miliar jika dibanding tahun lalu.” kata dia, Senin (11/1/16).

PAD sebesar Rp75.018.427.839, jelas Fivi, merupakan target untuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Murni dan targetnya akan bertambah ketika sampai di APBD Perubahan.

Berdasarkan perkiraan, lanjut dia, hingga penghujung tahun 2016 mendatang target tersebut akan terkumpul hingga Rp.100 Miliar lebih. Hal itu, dilihat dari keberhasilan pengumpulan PAD Ditahun-tahun sebelumnya. “Insyallah, PAD tahun ini akan kembali over target, seperti tahun-tahun sebelumnya.” beber dia.

Untuk memenuhi target PAD itu, terang dia, ditahun ini pihaknya telah menyiapkan berbagai program unggulan guna memotivasi pengumpulan target. Mulai dari melakukan pendataan potensi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Optimalisasi PAD, pendataan potensi, dan berbagai program lainnya. “Dengan didukungnya berbagai program unggulan, maka secara otomatis pengumpulan PAD akan berjalan dengan maksimal.” terang dia.

Untuk itu, tambah dia, dihimbau kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pengelola PAD untuk mendukung program yang dijalankan oleh Dispenda.

Perlu diketahui, dua tahun belakangan ini, Dispenda Lampura berhasil mengover targetkan PAD. Yang mana, di tahun 2014 lalu target PAD Lampura APBD Murni sebesar Rp.24 Miliar dan berhasil terlealisasikan sebesar Rp.33 Miliar dan untuk 2015 ini, target PAD APBD Murni mencapai Rp.71 Miliar dan terlealisasi sebesar Rp.91 Miliar. (C/Basri)